yudifingernote

Just another WordPress.com site

Tak Lengkap, Jaksa Tolak Berkas Selly

leave a comment »

BOGOR – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bogor menolak dan mengembalikan berkas perkara Selly Yustiawati alias Rasellya Rahman Taher, 26, tersangka dugaan kasus penipuan ke penyidik Polres Bogor Kota, kemarin.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejari Bogor M. Irsan Arief, pengembalikan berkas tersebut karena Jaksa Penuntut Umum (JPU) menilai masih ada sejumlah syarat formil dan materil yang harus dilengkapi oleh penyidik Polres Bogor Kota.

“Setelah satu minggu kita pelajari berkas perkara tersebut, ternyata masih ada kekurangan syarat materil dan formil. Karena itu, hari ini (Selasa-red) kita sudah membuat pemberitahuan berkas dikembalikan atau P18 kepada penyidik. Sedangkan petunjuk  yang harus dilengkapi atau P19 akan kita serahkan besok (hari ini, red) berikut berkas perkaranya,” tandas M Irsan kepada wartawan, kemarin.

Lebih lanjut, M Irsan yang juga menjadi Ketua Tim JPU kasus Selly ini mengatakan, pihaknya dibantu tiga orang jaksa lainnya juga akan mendampinginya dalam proses persidangan nantinya. Ketiganya adalah jaksa Pungky, Lusi Dina dan Dina Saraswati. Syarat formil dan materil yang harus dilengkapi penyidik kata Irsan, diantaranya keterangan tambahan saksi dan penetapan pasal bagi tersangka Selly. “Salah satunya dua itu yang harus dilengkapi penyidik Polres Bogor Kota,” kata Irsan.

Pengembalian berkas perkara Selly kata Irsan dilakukan setelah pihaknya melihat secara konfrehensif seluruh isi berkas yang diajukan tim penyidik. Dari penelitian oleh tim JPU, diketahui ada sejumlah materi yang harus disempurnakan. “Kalau secara umum berkas itu sudah 80 persen lengkap dan sisanya 20 persen harus dilengkapi, tapi yang 20 persen kekurangan ini cukup penting untuk kelengkapan berkas tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, jika kekurangan 20 persen ini tidak dilengkapi dikhawatirkan saat persidangan dakwaan jaksa terhadap tersangka bisa gugur. Saat ditanya apakah pengembalian berkas akan berpengaruh terhadap penahanan tersangka di Mapolres Bogor Kita, Irsan menegaskan hal itu tidak menjadi masalah.

Polisi katanya hanya memiliki kewenangan untuk menahan tersangka selama 20 hari dan akan habis 16 April mendatang.Tapi, pihaknya sudah menerima permohonan perpanjangan penahanan tersangka dari penyidik untuk 40 hari ke depan. “Surat permohonan dari penambahan penahanan sudah diajukan ke kita, dan sudah kita terbitkan untuk 40 hari kedepan, yaitu mulai 17 April hingga 26 Mei mendatang,” kata Irsan.

Ditempat terpisah, Kasatreskrim Polres Bogor Kota AKP Indra Gunawan menjelaskan mengenai pengembalian berkas perkara Selly, mengaku siap untuk segera melengkapinya. “Jika kekurangannya pada keterangan saksi dan penetapan pasal, kita sudah untuk melengkapinya. Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama, sudah bisa kita kembalikan lagi,” tukasnya.

Sementara itu, Ramdhan Alamsyah kuasa hukum Selly mengaku pihaknya tidak mempermasalahkan, upaya jaksa yang menghendaki kelengkapan berkas kliennya. “Ya tidak masalah, kalau memang itu prosedurnya, kita mengikuti saja proses hukum penyidik. Kita akan melakukan upaya jika kasus ini sudah dilimpahkan ke pengadilan,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, penyidik Polres Bogor Kota melimpahkan berkas perkara pemeriksaan tersangka Selly Yustiawati alias Rasellya Rahman Jumat (8/4) pagi. Berkas setebal 120 halaman tersebut dibawa oleh Kaur Bin Ops (KBO) Polres Bogor Kota Iptu Andiri bersama seorang penyidik dan diterima Kasi Pidum Kejari Bogor M Irsan Arief.(haryudi)

Written by YudiBageur

April 12, 2011 pada 9:40 am

Ditulis dalam Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: