yudifingernote

Just another WordPress.com site

Pelaku Penyerangan Ahmadiyah Divonis 6 Bulan Penjara

leave a comment »

BOGOR – Akbar Amanda, Dede Novi dan Aldi tiga pelaku penyerangan dan pengrusakan aset warga Ahmadiyah, Kampung Cisalada, Desa Ciampea Udik, Ciampea, Kabupaten Bogor, divonis 6 bulan penjara di Pengadilan Negeri, Cibinong, Rabu (13/4).

Tiga warga Kampung Pasar Salasa, Desa Ciampea Udik, Ciampea, Kabupaten Bogor, dinyatakan bersalah dan terbukti telah melakukan pengrusakan.

Vonis yang dijatuhkan Majelis Hakim yang diketuai Astriwati, SH terhadap terdakwa lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong. “Para terdakwa kami nyatakan bersalah sama seperti tuntutan jaksa. Tapi hukuman yang dijatuhi terhadap terdakwa turun atau lebih ringan yakni 6 bulan penjara dengan masa percobaan satu tahun penjara,” ujarnya.

Sedangkan Akbar Amanda yang sidangnya digelar terpisah dan tertutup karena masih di bawah umur. Majelis hakim hanya menjatuhi hukuman 4 bulan penjara dengan masa percobaan 1 tahun penjara. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan yakni 5 bulan penjara dengan masa hukuman 1 tahun penjara.

Astriwati, menyebutkan, hukuman terhadap ketiganya lebih ringan karena selama persidangan ketiganya berkelakuan baik dan sopan. Ketiganya juga masih muda dan belum pernah dihukum atau tersangkut kasus hukum.

Alasan lainnya, keterangan-keterangan dari saksi cukup meringankan, karena saat peristiwa itu terjadi, mereka (saksi,red) tidak melihat secara pasti apakah pelaku pengrusakan adalah mereka (terdakwa, red). Saat peristiwa penyerangan dan pengrusakan terjadi kondisi gelap alias mati lampu.

Keputusan hakim disambut gembira oleh para terdakwa, pengacara dan ratusan massa pendukung yang mengikuti jalannya persidangan. Bahkan sejak awal memasuki ruang persidangan, para terdakwa, terutama Dede Novi dan Aldi, terlihat tenang dan sering mengumbar senyum.

Di akhir persidangan atau tepatnya usai hakim ketua mengetukkan palu, Dede Novi dan Aldi, kompak bersujud di hadapan majelis hakim. Disusul dengan teriakan “Allahhu Akbar” dari ratusan warga yang memenuhi ruangan bahkan hingga luar ruang siding. Dede Novi dan Aldi pun mendapat pelukan hangat dari sejumlah orang yang hadir. (haryudi)

Written by YudiBageur

April 13, 2011 pada 11:55 am

Ditulis dalam Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: