yudifingernote

Just another WordPress.com site

Pembobol Kantor Disdik Kota Bogor Diringkus

leave a comment »

BOGOR – Tiga dari tujuh anggota kawanan pencuri yang 6 (enam) bulan lalu berhasil membobol kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor di Jalan Pajajaran, Bogor Utara, Kota Bogor akhirnya dibekuk petugas Reskrim Polres Bogor Kota, kemarin.

Ketiga pelaku tersebut, antaralain Hasan, 22, dibekuk di Parung, Kabupaten Bogor, Lawading, 35 dan  Dadang, 28 di Bogor Nirwana Residence (BNR) Bogor Selatan, Kota Bogor. Bahkan, petugas sempat menembak kaki Lawading, dan  Dadang, karena keduanya berusaha kabur saat hendak ditangkap.

Sementara empat pelaku lainya yakni IR, AM, IQ, dan MS, berhasil kabur dalam penyergapan dan kini masih dalam buruan petugas. Dari tangan ke-tiga pelaku, petugas mengamankan sejumlah barang bukti berupa dua unit sepeda motor, linggis dan obeng.

Kapolres Bogor Kota, AKBP Nugroho Selamet Wibowo, mengatakan penangkapan terhadap pelaku pencurian yang sudah diburu sejak enam bulan lalu itu berawal saat petugas Polsek Tanah Sareal Kota Bogor, berhasil menangkap empat orang pelaku dalam kasus pencurian yang terjadi di kantor Yayasan Bina Insani Jalan Raya. K.H. Soleh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal,  Jumat (1/4) lalu.

Dalam peristiwa itu, yayasan Bina Insani mengalami kerugian hingga Rp120 juta. Adapun 4 pelaku yang ditangkap terkait kasus tersebut, yakni Jufri, Emen, Alwi, dan Fa’i.

“Selanjutnya, berdasarkan pengembangan dan keterangan salah seorang pelaku yang ditangkap tersebut, diketahui kalau aksi pencurian yang terjadi di kantor Disdik Kota Bogor, dilakukan oleh rekannya yang lain yang bernama Hasan,” ujarnya.

Berbekal informasi tersebut petugas langsung melakukan pengintaian dan menangkapnya (Hasan,red) di sebuah kost-kostan di kawasan Parung.

“Sementara dua rekan Hasan yakni, Lawading dan Dadang, berhasil dibekuk di dua tempat berbeda di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Dalam penangkapan tersebut, polisi terpaksa menembak kaki kanan Lawading dan Dadang, karena berusaha melarikan diri,” ujar AKBP Slamet.

Dihadapan petugas Hasan mengaku, kalau aksi pencurian yang dilakukan di kantor Disdik Kota Bogor sesi pertama, dilakukannya bersama Lawading, Dadan dan dua orang yang kini menjadi buronan polisi, yakni Irwan dan Amir. “Setelah itu kami pulang ke Ambon(Desa Telehu, Kecamatan Salahotu, Ambon). Dua bulan kami berada disana,” tutur Hasan.
 
Menurutnya, uang sebesar Rp570 juta hasil pencuriannya kemudian dibagi-bagi sesuai dengan perannya masing-masing. Hasan mengaku, ia mendapat bagian sebesar Rp150 juta dari uang sebesar itu. “Lawading dapat Rp75 juta karena ia hanya menunggu di motor. Dadang dapat Rp 200 juta karena ikut masuk. Sementara sisanya Rp 145 juta, dikasih ke Irwan dan Amir,” jelas Hasan.

Setelah dua bulan bersembunyi, Hasan, Dadang dan Lawading kembali ke Bogor. Sementara dua lainnya, yakni Irwan dan Amir menetap di Ambon. Merasa aksinya yang pertama berjalan mulus, Hasan tergiur untuk melakukannya kembali dan menghubungi dua rekan lainnya yakni Iqbal dan Mustafa. “Kalau (pencurian) yang kedua, saya lakuin sama Iqbal dan Mustafa. Dadang dan Lawading nggak ikut,” ungkap Hasan.

Dalam aksi yang dilakukan pada kamis (24/2) malam tersebut, ketiga pelaku ini berhasil masuk ke ruang TU Kantor Dinas Pendidikan Kota Bogor dan menggondol uang sebesar Rp20 juta.

Sekedar diketahui, aksi pencurian itu terjadi di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, yang berlokasi di Jalan Raya Padjajaran, Bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (12/10/2010) lalu. Dalam kejadian tersebut, uang setengah milyar yang disimpan di belakang brangkas milik Disdik Kota Bogor, raib di gondol kawanan .

Berselang empat bulan kemudian, kantor Disdik Kota Bogor kembali dibobol maling. Dalam peristiwa tersebut, sebuah tas milik Disdik Kota Bogor yang berisi uang tunai sebesar Rp20 juta, raib digondol maling.(haryudi)

Written by YudiBageur

April 17, 2011 pada 2:50 pm

Ditulis dalam Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: