yudifingernote

Just another WordPress.com site

Ketika Solusi Macet Puncak Tak Berlaku

leave a comment »

LIBUR panjang akhir pekan diprediksi kawasan Puncak, Bogor, bakal macet total. Sebab mulai Jum’at (22/4) sampai dengan Minggu (24/4) jajaran Polres Bogor tidak akan memberlakukan jadwal buka tutup jalur, seperti yang biasa dilakukan saat akhir pekan biasa.

Tak hanya itu, indikasi bakal terjadinya kemacetan parah, berdasarkan pantauan Seputar Indonesia, selain karena meningkatnya volume kendaraan, perbaikan dan pelebaran jalan Tol Jagorawi di KM 13-17, diperkirakan akan membuat antrean kendaraan yang cukup panjang.

Selain itu, tepat di simpang Ciawi arah Puncak, badan jalan habis dipergunakan oleh para Pedagang Kaki Lima (PKL) diperparah lagi, banyaknya angkutan umum, baik angkot maupun bus dan truk-truk besar, dibiarkan begitu saja parkir.

“Kalau seperti ini, saya kira tidak akan efektif kebijakan Polres Bogor untuk mengurai kemacetan dengan tidak diberlakukannya jadwal buka tutup jalur,” jelas Sholihin, 38, warga Bendungan, Ciawi, Kabupaten Bogor saat ditemui di kawasan Pasar Ciawi, kemarin.
Hal senada diungkapkan, Ayat Zulkarnaen, 45, warga Pasir Angin, Megamendung, Kabupaten Bogor. “Kondisinya akan merugikan kita kalau benar besok tidak ada pemberlakuan buka tutup jalur. Buktinya hari ini saja, dari siang kita sudah tersiksa dengan kemacetan ini, bingung mau aktifitas,” tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan kemacetan parah sudah mulai terjadi kemarin sekitar pukul 16:00 WIB. Antrean kendaraan dengan kecepatan sekitar 5 KM/jam, terlihat dari mulai pintu tol Ciawi hingga simpang Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Puncak, Kabupaten Bogor yang diperkirakan 17 KM.

Untuk mengatasi kemacetan itu, jajaran Polres Bogor mengerahkan 350 personil selama libur panjang dikawasan Puncak.

Kepala Biro Operasi (KBO) Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Iptu Adithyawarman mengatakan memprediksikan volume kendaraan yang memadati kawasan Puncak mulai esok lebih dari 20 ribu unit. “Sebab pada liburan akhir pekan biasa saja jumlah kendaraan berkisar 20 ribuan, apalagi kalau libur panjang,” katanya.

Tak hanya meningkatnya volume kendaraan Puncak, juga diperkirakan akibat libur panjang sekolah. “Sebab Ujian Nasional SMA hari ini bertepatan dengan libur paskah. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan raya puncak tersebut, kami akan mengerahkan kekuatan penuh,” ujarnya.

Terkait dengan rencana tidak akan memberlakukan jadwal buka tutup jalur atau oneway (satu arah), selama tiga hari, pihaknya sudah mensosialisasikan kepada para pengguna jalan melalui media maupun selebaran brosur. ”Hari ini kami telah menyebarkan selebaran pemberitahuan kepada para pengguna jalan tentang tidak diberlakukannya jadwal one way
pada hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah mengumumkan melalui running teks di pintu tol Ciawi. Dia menegaskan, pusat-pusat kemacetan di jalan raya Puncak itu terdapat di Pasir Muncang, Pasir Angin, Megamendung, Cipayung Datar, TSI, Taman Wisata Matahari, Masjid Atta’awun, Warung Kaleng, Riung Gunung, Rindu Alam.(haryudi)

Written by YudiBageur

April 21, 2011 pada 11:17 am

Ditulis dalam Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: