yudifingernote

Just another WordPress.com site

Libur Paskah, Puncak Dipadati Puluhan Ribu Kendaraan

leave a comment »

BOGOR – Kawasan Puncak, Bogor, terus diserbu puluhan ribu kendaraan pada hari pertama libur panjang akhir pekan, kemarin. Meski demikian, hingga pukul 16:30 WIB, kondisi arus lalu lintas masih relatif terkendali atau tidak terlalu parah seperti hari sebelumnya.

Berdasarkan pantauan, kepadatan kendaraan terjadi sejak pagi dari mulai pintu Tol Ciawi hingga Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, antrean kendaraan tampak mengular.

Itu terjadi hanya beberapa jam saja, sebab petugas Satlantas Polres Bogor sempat memberlakukan satu arah atau one way sebanyak tiga kali dengan memprioritaskan kendaraan yang masuk dari arah Jakarta menuju Puncak.

One way yang merupakan salah satu solusi pamungkas mengatasi kemacetan di Jalur Puncak setiap libur akhir pekan ini dan sudah dibuat jadwal. Namun pada libur panjang kali ini, Polres Bogor tidak memberlakukan, hanya hingga pukul 16:50 WIB, sistem one way diberlakukan lebih dari tiga kali.

One way pertama dilakukan sekitar pukul 10:00 Wib dan kedua sekitar pukul 11:00 wib. Saat itu kondisi arus laluintas ke atas cukup padat dan sempat menyebabkan kemacetan hingga 15 KM. Lamanya retang waktu pemberlakuan one way dikeluhkan para pengguna jalan dan warga sekitar.

“Tadi saya dari pintu tol sampai Selarong, habiskan waktu sekitar dua jam, padahal kalau hari biasa bisa ditempuh 15 menit saja,” kata Sudrajat warga Jakarta yang sering berlibur ke Cipanas, Cianjur saat ditemui di kawasan tanjakan Selarong, Megamendung, Bogor itu.

Sementara itu arus dari atas ke bawah, hanya terjadi kepadatan di sejumlah persimpangan saja. Sistem satu jalur untuk ketiga kalinya kembali di lakukan pada pukul 16:00 WIB. Sama seperti sebelumnya, satu jalur ke atas, karena kendaraan dari arah Jakarta mulai kembali bertambah.

Kapolres Bogor AKBP Heri Santoso mengatakan, memang di libur panjang kali ini pihaknya tidak memberlakukan jadwal one way. “Sistem buka tutup jalur tetap kita berlakukan. Hanya saja terjadwal alias situasional dalam hal ini tergantung dari situasi kepadatan kendaraan,” katanya saat dihubungi via telepon genggamnya, kemarin.

Untuk personil, selama liburan panjang ini, pihaknya mengerahkan sekitar 275 personil yang disiagakan di beberapa titik, khususnya di jalur wisata Puncak.

Sementara itu, obyek wisata di kawasan Puncak yang paling banyak diserbu pengunjung adalah Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Bogor dan Taman Wisata Matahari. Itu terpantau di area parkirnya, ratusan kendaraan yang didominasi mobil pribadi dan bus pariwisata lebih dari 300 unit.

Humas TSI Cisarua, Bogor Yulius Hardo, mengatakan tempatnya sudah sejak pagi kebanjiran pengunjung. “Kalau di lihat dari ramainya sudah ramai, tapi untuk jumlah kita baru bisa lihat sore, rekapnya. Untuk hari ini, banyaknya kendaraan kecil,” jelasnya.

Dia menyebutkan, untuk liburan kali ini pihaknya tidak menaikan tarif untuk tiket masuk. ”Tarifnya masih tarif lama. Sebesar Rp 75.000 untuk 6 tahun ke atas dan Rp 60.000 untuk 5 tahun ke bawah. Dan untuk memanjakan pengunjung malam ini (Jumat malam, red) dan Minggu malam nanti ada Safari malam,” katanya. (haryudi)

Written by YudiBageur

April 22, 2011 pada 10:41 am

Ditulis dalam Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: