yudifingernote

Just another WordPress.com site

Atasi Kemacetan, Truk di Jalur Bocimi Ditertibkan

leave a comment »

BOGOR – Jajaran Polres Bogor bersama Dinas Lalu Lintas Angkutan dan Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor berencana menertibkan truk-truk yang melebihi tonase (berat) di jalur Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), pada awal Juni mendatang.

Pasalnya, penertiban terhadap truk-truk tronton yang melebihi muatan itu bertujuan untuk mengatasi kemacetan dan meminimalisir kecelakaan di jalur Bocimi. Sebab, menurut Kapolres Bogor AKBP Hery Santoso, kemacetan dan kecelakaan di jalur Bocimi, selain karena sempitnya badan jalan, juga dikarenakan banyak truk yang melaju dengan kecepatan lambat akibat muatannya berlebih.

“Minggu depan, kita akan memanggil para pengusaha di sekitar jalur Bocimi, baik pengusaha truk, pasir, air mineral maupun perusahaan lainnya. Kita akan sosialiasikan, bagi mereka yang memiliki truk berat dan tingginya melebihi aturan akan kita tindak tegas,” kata AKBP Hery Santoso kepada wartawan, kemarin.

Lebih lanjut ia mengatakan, teknis penertiban tersebut dilakukan sebelum dilakukan penindakan, pihaknya akan bekerjasama dengan DLLAJ Kabupaten Bogor untuk menyediakan jembatan timbang portable. “Nantinya pihak DLLAJ yang menguji mulai dari kelaikan jalan hingga berat truk. Jika ternyata terbukti melanggar aturan, saat itu juga kita akan tilang,” kata AKBP Hery.

Rencananya, penindakan tersebut akan dipusatkan di kawasan Lido, Caringin, Kabupaten Bogor. Setiap truk yang melintas diwajibkan melewati jembatan timbang portable. “Karena kawasan Lido luas, maka lokasi itu tepat dijadikan tempat pengujian berat, tinggi dan kir kendaraan. Sehingga diharapkan saat proses pengujian tidak menimbulkan kemacetan,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan, hamper setiap hari di jalur Bocimi terjadi kemacetan parah hingga 2-5 kilometer yang disebabkan, pelannya laju kendaraan  truk yang bermuatan. Terlebih lagi, saat badan jalan mengalami kerusakan dan curam. Sehingga tak jarang, antrean kendaraan terlihat mengular hingga 10 kilometer. Selain itu, kerap kecelakaan yang diakibatkan melebihi tonase, truk mengalami rem blong menghantam pengendara maupun rumah, warung disekitar jalur Bocimi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Zainal Abidin menambahkan, truk-truk tersebut hampir setiap hari ada saja yang mengalami mogok, sehingga arus lalu lintas macet total. “Karena kalau mereka mogok saja, kita harus memanggil derek dari sukabumi, itu perjalanannya saja 2,5 jam. Repot juga kalau itu tidak segera diatasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala DLLAJ Kabupaten Bogor Soebiantoro mengaku pihaknya siap berkordinasi dengan Polres Bogor untuk menerapkan penertiban truk-truk yang melebihi tonase. “Karena bagaimanapun, kondisi arus lalu lintas di jalur Bocimi sudah sering dikeluhkan pengguna jalan mobil pribadi maupun warga sekitar,” katanya.(haryudi)

Written by YudiBageur

Mei 22, 2011 pada 8:53 am

Ditulis dalam Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: