yudifingernote

Just another WordPress.com site

Bermain Flying Fox, Bocah 7 Tahun Tewas Terjatuh

leave a comment »

BOGOR – Riska Putri Yulianti, 7, bocah asal Jalan Maengket No 183, RT 6/13, Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, Kota Depok, tewas setelah terjatuh dari ketinggian 10 meter saat bermain Flying Fox di Taman Wisata Matahari (TWM), Puncak, Cisarua, Bogor, Minggu (5/6).

Informasi dihimpun menyebutkan, peristiwa itu terjadi saat bocah tersebut hendak mencoba wahana permainan outbound yang disediakan pihak TWM, pada pukul 12:00 WIB. Saat itu, obyek wisata paling murah di kawasan Puncak sedang ramai pengunjung,

“Saat itu,korban beserta bibi dan adiknya hendak mencoba Flying Fox. Ketiganya sudah dalam posisi standby diatas dan yang pertama kali meluncur dalam prmainan tersebut adalah bibi korban, dan yang kedua adalah adik korban,” ujar Kepala Unit Reserse dan Kriminal Polsek Cisarua AKP Iwan Wahyudi kepada wartawan, kemarin.

Entah kenapa, tiba-tiba tali pengikat tubuh yang sudah digunakan bibi korban ditarik, salah satu tali yang berada dibawah itu nyangkut dan membelit kaki korban yang saat itu posisinya belum terpasang sabuk pengaman. “Akibatnya tubuh korban tertarik tali sejauh dua meter dan saat itu posisi kepala dibawah hingga akhirnya terlepas dan terjatuh dari  ketinggian sekitar 10 meter,” terangnya.

Kejadian tersebut praktis membuat para pengunjung TWM yang tengah ramai itu berhamburan untuk melihat kondisi korban yang sudah terkapar di aspal dengan kondisi luka parah dibagian kepala. “Saat itu juga korban oleh keluarganya beserta Siti Nurfatimah, dan larikan menggunakan jasa tukang ojek kerumah sakit untuk mendapatkan pertolongan,” terangnya

Namun belum mendapat pertolongan, korban pun akhirnya meninggal dunia saat akan dibawa ke Rumah Sakit Paru, Cisarua, karena terlalu banyak mengeluarkan darah dan luka parah pada bagian kepalanya. “Karena lukanya sangat parah akhirnya korban dirujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap namun dalam perjalanan korban menghembuskan nafas terakhir,” terangnya.

Hingga saat ini, pihaknya telah memeriksa tujuh orang saksi, baik dari pengelola TWM dan manajemen Baskoro Outbound selaku penyedia jasa Flying Fox. Tak hanya itu, hingga saat ini pihaknya juga masih memasang garis polisi (police line) disektar lokasi kejadian. “Kami masih melakukan penyelidikan dan pengembangan, jika ternyata ada unsure kelalaian kami akan menjerat para pelaku dengan pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain, dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara,” terangnya.

Kapolres Bogor AKBP Hery Santoso menegaskan hingga saat ini pihaknya masih memintai keterangan tujuh orang saksi dan mendalami terkait adanya dugaan kelalaian. “Meski demikian, kita belum bisa menetapkan tersangka, karena proses pemeriksaan masih berlangsung,” tegasnya.

Sementara itu Dadang Julianto, Marketing TWM saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan bahwa, dalam perisiwa itu pihaknya berkilah, bahwa itu akibat kelalaian TWM. “Yang bertangungjawab dalam peritiwa tesrebut bukan kami (TWM) akan tetapi manajemen Baskoro selaku penyedia layanan permainan flying fox,” terangnya.

Meski demikian, hingga saat ini pihaknya berupaya menyelesaikan kasus tersebut secara kekeluargaan dan sudah memberikan dana santunan kepada pihak keluarga. “Kami akan segera memberikan santunan kepada pihak keluarga, dan untuk sementara wahana permainan flying fox itu ditiadakan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Adrian Arya Kusuma menegaskan, pihaknya akan mengkaji dan mengeavaluasi terkait keberadaan obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi warga Jabodetabek itu. “Kita akan melakukan pengecekan dan penyelidikan juga, soalnya obyek wisata tersebut selalu banyak masalah dan terakhir terjadi insiden seperti ini. Jika terbukti adanya pelanggaran dan unsur kelalaian, pihaknya tidak akan segan-segan untuk menutup tempat wisata tersebut,” tandasnya.(haryudi)

Written by YudiBageur

Juni 8, 2011 pada 11:48 am

Ditulis dalam Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: