yudifingernote

Just another WordPress.com site

Dua Ekor Jaguar Huni TSI Cisarua

leave a comment »

BOGOR –Lembaga konservasi Eks-Situ Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor kembali menambah koleksi satwanya  yakni Jaguar ( Panthera Onca). Pasalnya, satwa yang sekilar mirip dengan macan tutul itu hadir di TSI sebagai salah satu fasilitas kandang pamer yang mengoleksi berbagi jenis kucing yang  berasal dari lima  benua di dunia.

Pimpinan TSI Tony Sumampau menjelaskan dua ekor Jaguar tersebut di datangkan dari Tierpark Berlin Zoo, Jerman, yang merupakan hasil pertukaran antar kebun binatang dengan koleksi macan tutul Jawa.

“Ke dua ekor Jaguar tersebut masing masing bernama Diablo ( berkelamin jantan ) yang lahir 17 September 2009 dan betinanya bernama Valdivia lahir 16 April 2009,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dua satwa karnivora tersebut tiba di TSI Cisarua sejak 15 Mei 2011. Setibanya di Taman Safari Indonesia, Kedua satwa tersebut langsung menjalani proses karantina dibawah tim medis kesehatan satwa. “Jaguar ini baru bisa diperlihatkan kepada pengunjung pada hari Sabtu (11/6) di lokasi Baby Zoo TSI Cisarua, Bogor,” katanya.

Menurutnya, satwa jenis Jaguar ini bisa bertahan hidup 12-15 tahun, dengan ukuran panjang badan 70 sampai dengan 90 sentimeter dengan berat 45 – 113 kilogram. Habitatnya adalah diareal yang kondisinya berupa hutan hujan lebat. “Status keberadaaan hewan tersebut termasuk langka alias hampir terancam,” katanya.(haryudi)

Written by YudiBageur

Juni 14, 2011 pada 12:27 pm

Ditulis dalam Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: