yudifingernote

Just another WordPress.com site

Tak Bosan Melihat Koleksi-koleksi Seni Bung Karno

leave a comment »

RASA penasaran warga untuk melihat-lihat keindahan Istana Bogor dari jarak dekat, akhirnya terpuaskan setelah pihak Pemkot Bogor bekerjasama dengan Rumah Tangga Kepresidenan RI, mempersilahkan khalayak umum memasuki area Istana. Wajar, kiranya decak kagum keluar dari mulut pengunjung yang belum pernah memasuki Istana. Sebab, selama ini Istana Bogor oleh masyarakat biasa, hanya bisa dilihat dari jarak sekitar 500 meter dari Jalan Raya Jenderal Sudirman dan Ir H Juanda.

Sejak dipublikasikan, Istana Bogor akan dibuka untuk umum mulai hari ini, gelombang pengunjung yang ingin menyaksikan Istana hingga pendaftaran ditutup pada Minggu (12/6) lalu berdasarkan data dihimpun, tercatat sudah 45.000 orang. Sehingga wajar, kalau kesempatan setahun sekali ini dimanfaatkan masyarakat untuk melihat-lihat istana bersejarah dari jarak dekat.

Rosalina 43 tahun, warga Cibubur, Jakarta Timur mengaku kagum mengamati beberapa lukisan-lukisan atau ornamen-ornamen yang menghiasi  setiap sudut ruangan Istana Bogor. “Saya suka melihat lukisan, khususnya yang bertemakan “Murka Tuhan” karya Basuki Abdulah,” katanya saat ditemui disela-sela kunjungan di Istana Bogor, kemarin.

Ia menambahkan, sengaja datang dari pagi bersama empat 4 anggota keluarganya karena cukup baik, selain untuk rekreasi, juga untuk menambah pengetahuan anak-anak soal sejarah Istana Bogor. “Sebetulnya ini sudah dua kali, tapi saya tidak bosan mengunjungi Istana Bogor, apalagi anak-anak belum sama sekali,” tambahnya.

Dipandu oleh sejumlah guide ratusan pengunjung Istana Bogor diberi kesempatan keliling-keliling mengunjungi paviliun sayap Kiri yang biasa di huni tamu-tamu kepresidenan dan paviliun sayap kanan yang di khususkan untuk menginap Presiden RI.   

Andika Pratama, 13, siswa SMP Dharma Bakti, Bogor yang terlihat sibuk mencatat setiap isi ruangan atau jenis furniture Istana Bogor, menagku baru sekali masuk ke istana. “Ini baru pertama kali saya masuk, kebetulan ada tugas dari sekolah, maka dengan senang hati dan akan saya manfaatkan sebaik mungkin untuk menikmati suasana dan menambah pengetahuan, “ ungkapnya.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bogor, Artianan Yanar Anggraini mengatakan karena singkatnya jangka waktu pendaftaran, pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak rumah tangga kepresidenan untuk tetap mempersilahkan masyarakat untuk mendaftar.

“Soalnya, terjadi penurunan, dibandingkan tahun-tahun lalu, karena waktu pendaftaran singkat. Sehingga terjadi penurunan mencapai 13 persen,” ujarnya saat pelepasan rombongan pertama Istana Bogor Open 2011 di depan Gedung DPRD Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, kemarin.

Ketua Panitia Istana Open Mursyida menjelaskan pihaknya tetep membuka pendaftaran, bahkan menurutnya tercatat hari ini sudah ada penambahan peserta mencapai 2.700 orang.

“Istana Open 2011 sendiri dimulai pada pukul 08:00 hingga pukul 15:00 dengan selang 30 menit sekali pemberangkatan. Mereka akan diberi waktu 30 menit untuk berjalan mengelilingi Istana Bogor,” tambah Mursyda.

Peserta memulai perjalanan dari Pintu II (tepat di depan Balaikota-red) dan memutar keluar kearah Barat, Pintu III (Samping Gereja Zebaoth-red).

“Biasanya Pintu II Istana Bogor di peruntukan bagi tamu-tamu setingkat Menteri atau Kepala Daerah” ungkap Muhammad Subagyo seorang pemadu Istana Open 2011.

Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Istana Kepresidenan Bogor, Endang Sumirat berpendapat justu ada keistimewaan pada Istana Open 2011 ini, para pengunjung dapat mengunjungi tiga per empat dari seluruh 28,4 hektar luas Istana Bogor.

“Istana Bogor terbuka untuk umum pada hari biasa juga tidak hanya saat peringatan hari jadi Bogor. Bagi yang ingin berkunjung mereka tinggal membuat surat permohonan kepada pengurus rumah tangga Istana Kepresidenan Bogor. Minimal satu rombongan berjumlah 10 orang,” tambahnya.(haryudi)

Written by YudiBageur

Juni 14, 2011 pada 12:24 pm

Ditulis dalam Berita, Observ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: