yudifingernote

Just another WordPress.com site

Pemkab Sewa Gedung RYC Rp1,3 Miliar

leave a comment »

BOGOR – Keberadaan Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Bogor yang menempati gedung Rachmat Yasin Center (RYC) di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, sejak Januari menuai reaksi keras dan dipertanyakan sejumlah kalangan.

Pasalnya, Pemkab Bogor sengaja menyewa gedung milik Bupati Bogor Rachmat Yasin tersebut senilai Rp1,3 miliar per tahun, lantaran Dispenda sebagai organisasi perangkat daerah baru, belum memiliki gedung.

“Kami mempertanyakan kenapa harus di gedung RYC, kan masih banyak gedung-gedung milik Pemkab yang kosong dan bisa dipergunakan,” ujar Kordinator Korupsi dan Politik Indonesian Corruption Watch (ICW), Ade Irawan, kemarin.

Lebih lanjut ia mempersoalkan besarnya harga sewa yang diambil dari APBD Kabupaten Bogor 2012 itu. “Kami menduga proses sewa menyewa itu berbau kolusi dan adanya penyalahgunaan kekuasaan dari si pemilik gedung yang saat ini jelas-jelas notabenenya sebagai kepala daerah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dispenda Kabupaten Bogor Sarifah Sofiah saat dikonfirmasi mengaku pihaknya tidak tahu menahu perihal latar belakang atasannya memilih gedung RYC sebagai kantor sementara Dispenda.

“Kalau soal latarbelakang alasan memilih RYC saya tidak mau komentar, yang jelas saya disuruh menempati gedung ini sebagai bagian kantor Dispenda, yang melayani PBB dan BPHTB saja. Saya sendiri sebagai Kepala Dinas masih berbagi kantor di gedung Dinas Keuangan dan Perbendaharaan Daerah,” ujarnya saat dikonfirmasi via telepon genggamnya, kemarin.

Tak hanya itu, pihaknya membantah gedung RYC disewa Rp1,3 miliar. Menurutnya, dana sebesar itu, bukan hanya menyewa gedung RYC sebagai kantor pelayanan Dispenda saja, tapi anggaran itu juga dipergunakan untuk menyewa gedung kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dispenda yang tesebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor.

“Nggak benar kita menyewa gedung RYC sebesar itu, dana sebesar itu untuk sewa 20 kantor layanan UPT Dispenda dibeberapa kecamatan,” tukasnya.

Seperti diberitakan harian lokal, peletakan batu pertama gedung RYC dibangun saat Rachmat Yasih sebagai Bupati Bogor berulang tahun yang ke-47 pada 4 November 2010. Rencananya gedung tersebut akan dijadikan sebagai kantor pusat Tim Sukses pribadinya untuk kembali mencalonkan sebagai Bupati Bogor.(haryudi)

Written by YudiBageur

April 18, 2012 pada 2:00 am

Ditulis dalam Berita, Observ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: